JOKO WIDODO: "Hukum masih dirasa cenderung tajam ke bawah, tapi tumpul ke atas....."

Pakar hukum pidana dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Muzakir, menilai kesalahan gubernur nonaktif DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok), dalam kasus dugaan penistaan agama adalah menggunakan kata ‘dibohongi’ yang disertakan dengan Surah Al Maidah Ayat 51.

JAKARTA – Pakar hukum pidana dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Muzakir, menilai kesalahan gubernur nonaktif DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok), dalam kasus dugaan penistaan agama adalah menggunakan kata ‘dibohongi’ yang disertakan dengan Surah Al Maidah Ayat 51.

Pakar Hukum: Ahok Tidak Berkompeten Menilai Surah Al Maidah Ayat 51

“Kalau dikatakan dibohongi mengutip ayat itu, artinya secara implisit kandungan makna pesannya ayat itu mengandung unsur kebohongan. Jadi kalau disampaikan ayat itu secara benar dikatakan mengandung unsur kebohongan (oleh Ahok),” kata Muzakir ketika berbincang dengan Okezone, Jumat (4/11/2016).
Oleh karena itu, menurut Muzakir, perbuatan Ahok sudah masuk kategori perbuatan yang menodai ajaran agama Islam. Sehingga, lanjut dia, pasal yang pas untuk menjerat Ahok dalam kasus ini adalah 156a KUHP.

“Kalau itu menodai isi ajaran agama Islam, pasal apa yang tepat digunakan? Susunan pertama perbuatan dilarang menodai agama Islam adanya di Pasal 156a yang mengatur penghinaan dan penodaan agama Islam, ajaran agama Islam,” jelasnya.

Surah Al Maidah Ayat 51 merupakan ajaran yang terkandung dalam kitab suci Alquran. Jika dikatakan mengandung unsur kebohongan, menurut Muzakir, berarti Ahok menilai ayat tersebut mengandung makna berbeda.

“Kata ‘bohong’ itu tidak tepat. Apalagi Ahok kan tidak beriman kepada Alquran, dia bukan beragama Islam. Ahok tidak punya kompeten untuk itu, maka perbuatannya termasuk melawan hukum dalam hukum pidana, dan perbuatannya memenuhi unsur tindak pidana. Begitu kesimpulan saya,” tukasnya.
JOKO WIDODO: "Hukum masih dirasa cenderung tajam ke bawah, tapi tumpul ke atas dan hukum yang tumpang tindih. Ini yang dibahas dalam Ratas."
JOKO WIDODO: "Sebagai bangsa besar, kita harus bangkit meraih kemajuan, berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia."
JOKO WIDODO: "Ekonomi kita itu gotong royong. Kita maju bareng-bareng. Kalau negara lain bisa, kita harus bisa."
http://client.okezone.com/duatahunjokowijk/
http://news.okezone.com/read/2016/11/04/338/1532666/pakar-hukum-ahok-tidak-berkompeten-menilai-surah-al-maidah-ayat-51

Bahtiar Bikin Surat Wasiat Sebelum ke Jakarta Demo Ahok

Demonstrasi penistaan agama pada Jumat (4/11/2016) dikhawatirkan rusuh mengingat jumlah masa yang mencapai ribuan orang.

Kekhawatiran akan terjadi kerusuhan bukan hanya datang dari pihak masyarakat dan pemerintah, namun juga peserta demonstrasi.

Lantaran takut rusuh inilah, seorang jamaah peserta demo, bahkan membuat surat wasiat untuk keluarganya untuk berjaga-jaga, jika terjadi hal buruk menimpa dirinya.

"Namanya sedang berjuang, saya sudah menyerahkan diri saya seutuhnya, jihad demi membela agama," kata Bahtiar (52) jamaah yang datang dari Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (3/11/2016).

Bahtiar mengatakan, Selasa (1/11/2017) malam hari sebelum dirinya berangkat ke Jakarta, sempat mengumpulkan istri dan tujuh anaknya untuk membicarakan perihal kepergiannya ke Jakarta untuk demo.
"Saya bilang, ke istri mohon doain bapak, jaga anak-anak jika saya kenapa-kenapa, saya tulis juga dalam surat," cerita dia.

Menurut Bahtiar, baik istri maupun anaknya tidak sekalipun melarang dirinya untuk pergi, bahkan istrinya jauh-jauh hari mengingatkan agar dirinya ikut aksi pada 4 November.
"Saya disuruh ikut sama istri," kata dia.

Meskipun telah mengikhlaskan dirinya jika ada hal buruk terjadi saat demo, namun Bahtiar yang bekerja sebagai pedagang ini, berharap tetap bisa pulang dalam keadaan selamat.

"Tapi intinya saya sudah iklhas kalau pulang dalam keadaana sehat itu atas kuasa Allah," kata dia.
Bahtiar datang ke Jakarta bersama sembilan jamaah lain yang juga datang dari Palu.
Selama di Jakarta, dia menginap di Masjid Al Ihsan, Tanah Abang. 

(Wartakotalive.com/Acep Nazmudin)

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Name

Android,4,Arsitektural,2,artis,6,asal usul,1,Bitcoin,2,downloads,3,Facebook,14,foto,12,Game,1,hacking,12,health,74,Hijaber,1,Horor,10,Hot News,92,Humor,52,Internet,1,IOS,2,Islam,16,Kata Gombal,2,Kiat sukses,15,Konstruksi,2,Kota Bordir,1,love,69,Masak,1,misterius,15,Naskah Drama,1,Obat herbal,10,Olahraga,11,Otomotif,15,Peluang Bisnis,4,pemandangan,6,Pembelajaran,16,Politik,7,Pria,36,Puisi,5,Rencana Bangunan,2,Resep,1,Sahabat Alam,2,Sejarah,12,Sepakbola,14,Sex,19,software,2,Software,3,Style Factor,13,Suami - Istri,6,Teens,2,Terbaik,3,TNI,1,Top 10,3,Trend Style,7,Trik,59,Trik Wilcom,1,unik,91,Unik,31,Video,5,wanita,55,Wilcom,1,windows,11,Windows,1,Zodiak,1,
ltr
item
Mister Berita: JOKO WIDODO: "Hukum masih dirasa cenderung tajam ke bawah, tapi tumpul ke atas....."
JOKO WIDODO: "Hukum masih dirasa cenderung tajam ke bawah, tapi tumpul ke atas....."
Pakar hukum pidana dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Muzakir, menilai kesalahan gubernur nonaktif DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok), dalam kasus dugaan penistaan agama adalah menggunakan kata ‘dibohongi’ yang disertakan dengan Surah Al Maidah Ayat 51.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZ_mpFnInQAjYJjfHCm9X4v2_i81F5fSanBV2uqCKkvdjX2xQ7Rck6bFOk5k2nHAcEQaGb41eTitGSV0C_6QhSxgKBShnWuqNpIwbAp2VWXpG9n3af04Ad94XfOG__1N7OT9UtjQwbmGXb/s640/jokowi+quote.PNG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZ_mpFnInQAjYJjfHCm9X4v2_i81F5fSanBV2uqCKkvdjX2xQ7Rck6bFOk5k2nHAcEQaGb41eTitGSV0C_6QhSxgKBShnWuqNpIwbAp2VWXpG9n3af04Ad94XfOG__1N7OT9UtjQwbmGXb/s72-c/jokowi+quote.PNG
Mister Berita
http://misterberita.blogspot.com/2016/11/joko-widodo-hukum-masih-dirasa.html
http://misterberita.blogspot.com/
http://misterberita.blogspot.com/
http://misterberita.blogspot.com/2016/11/joko-widodo-hukum-masih-dirasa.html
true
7855524811095304558
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy